Jumat, 30 Agustus 2013

Ramadhan di Wakansoro & Mas EddeN

Aku Berada di Ruangan Ektp Kecamatan Kambowa 

Alhamdulilah Bulan Ramadhan pun Telah Tiba, tak terasa kini aku diperhadapkan kembali dengan bulan bulan suci yang penuh berkah dan ampunan.
Tahun lalu, aku menjalankan ibadah puasa di Sebuah Desa di Kecamatan Kambowa, Kabupaten Buton Utara bernama Desa Konde di Wakansoro.
Ramadhan kali ini, membuat aku kembali terbawa betapa pengalaman tahun lalu, mampu terpikirkan olehku, lamunanku berkata betapa bersahajanya pengalaman saat itu, ingin tuangkan kedalam cacatan facebook ini, karena aku tau betapa cepatnya waktu yang telah berlalu.

Ketika kami Akan bangun untuk sahur.. sang pemilik rumah Odam segera bergegas menuju  ke sebuah gua di belakang rumah, dimana gua tersebut tersimpan sebuah mesin genset sederhana rakitan dari mas Eden, seorang keturunan sunda Tasikmalaya (Kampungnya Bang Haji Rhoma Irama) yang menjadi satu-satunya sumber energi yang membatu penerangan lampu kami
JRengg..Jrengg...ngnggngnng.. begitulah kurang lebih bunyi gensetnya.. secara otomatis Lampu kami pun telah terang benderang.
Tanpa berbasah basi, dengan cekatan si Kecil Gagam degan rianggnya lalu menyetel Televisi. untuk sekedar melihat acara apa saja yang disajikan di Tv Nasional Mulai dari Sahurnya OVJ, Perbukr sahur, PPT, Kmi bukan mlaikat dan msih banyak lagi.. lelah rasanya jika mengikuti semua acara itu.

Ingin rasanya aku bercerita.. Aku selalu memanggilnya Mas Eden Sebenarnya...... dirinya tidak menyukai jika di panggil Mas/ alasannya dirinya adalah bukan orang jawa melaikan orang sunda tasik.. ya.. namanya juga orang buton.. setip orang yang datang di pulau buton yang penting asalnya dari pulau jawa pasti dia di panggi mass.. begitu pula yang terjadi pada diriku, karena aku orang buton setiap pendatang dari jawa pasti aku panggil mas..
Buat mas eden harap dimaklumi, dirimu di panggil mas karena korban dari presepsi tersebut, (Teriring Salam Hormat slalu buat dirimuu.) tak terasa ketika aku sedang menulis ini, timbul beberapa pertanyaan apakah dirimu masih berada di konde wakansoro atau sudah pulang ke tasik?.

Entahlan kawan aku pun hanya ingin menanyakan bagaimana i keadaan dirimu setelah bulan ramadhan ini kembali menyapa kita. aku teringat betapa Flu yang mendera dirimu bertahun-tahun lamanya tak pernah pulih malah sebaliknya.. semakin bertambah parah.. ia kawan semoga dirimu baik baik saja di sana.
Tapi itulah mas eden orangnya slalu senyum ceria dan apa adanya//hanya aku Odam dirimu yang tau betapa pengalaman sahur bersama, berbuka bersama, menunggu berbuka puasa dengan ditemami radio RRI Nasional Kendari itulah  segelintir kisah yang mewarnai ramadhanku di Konde Wakansoro.

Kawan... ingatan itu tak pernah pupus didalam ingatanku betapa Mamanya Silvi, Silvi, Odam, Gagam dan Mas Eden mampu mewarnai hidupku di tahun 2012 semoga kalian semua sehat wal afiat teriring doaku sllu smoga kalian disana baik-baik saja tak kurang satu apapun. Aminnn ya... robbal alaminn
Kutuliskan kisah ini betapa hati dan pikiranku kembali mengingat betapa manisnya pengalaman itu, akan kusimpan rapat rapat di dalam hati ini, betapa pengalaman tersebut mampu terbayang diingatannku SLALU! Isnya Allah suatu saat aku akan kesana lagi, dengan harapan kalian masih seperti yang dulu dan masih mengingatku Amin

Salam Hormat ku.. untuk kalian semuaaa saudarakuuu, Voril Marpap
(Baubau 10 Juli 2013)