Jumat, 30 Agustus 2013

Semangat 12.500 Penari Tak Pernah Padam

Hari ini aku berada di tengah-tengah kerumunan masyarakat pasarwajo yang sedang ashik menyaksikan puluhan ribu penari kolosal di takawa pasarwajo. Walaupun panas terik matahari menyengat kulitku, aku tak peduli karena yang aku saksikan adalah pertunjukan budaya  yang sangat luar biasa yang  tak pernah aku liat sebelumnya.
Aku terkagum seketika, membayangkan betapa sungguh persiapan pemerintah kabupaten buton yang dengan serius berusaha mewujudkan Persembahan tari kolosal 12.500 penari di takawa pasarwajo, tentunya dengan tekad dan kemauan yang tinggi semua terpampang nyata di hadapanku.
Baik saya ataupun semua orang yang hadir pada saat itu, tak pernah membayangkan akan melihat aksi spektakuler yang sangat menyita hati dan pikirannku.
Semuanya terpampang nyata dihadapanku, menurutku semua itu menjadi satu kesatuan yang utuh di dalam persembahan tarian kolosal 12.500 penari di kawasan takawa kabupaten buton.
Sekali lagi akan aku Gaungkan rasa kagumku melalui tulisan ini, kepada seorang pemimpin yang menurutku sangat berani yang sekaligus telah menyematkan pondasi pembangunan dengan awalan yang sangat baik.
Aku tau, mungkin ini sangatlah berlebihan namun ini adalah realita, yang patut mendapatkan apresiasi positif dari masyakat jazirah buton raya. semangat itu aku akan tunjukan melalui tulisan ini
Dalam rangka menghadapi tumpang tindihnya budaya akibat pengaruh dari budaya asing, harusnya kenyataan ini patut di jadikan motivasi bagi kita semua untuk slalu mencintai budaya kita sendiri, karena budaya adalah identitas kita sebagai orang buton ya.. tentunya mencintai budaya buton. 
Apresiasi tersebut diberikan kepada pemerintah kabupaten buton karena telah mampu menjawab tantangan kebutuhan masyarakat buton yang ingin menduniakan budaya buton.
Karena budaya buton adalah budaya kita semua orang buton, bangga menjadi orang buton adalah salah satu wujud kecintaan kita terhadap budaya ini, kemudian jika di tambah dengan aksi yang mengagumkan seperti yang aku liahat saat ini, rasanya mata ini di suguhkan suatu pertunjukan budaya yang sangat manis sekali.
Harapanku semoga semua ini menjadi sesuatu yang baik bagi kita, karena sesuatu yang baik akan selalu di kenang hingga menjadi sejarah yang utuh di dalam ruangan ilmu pengetahuan manusia.
Kemanisan itu pula tergambar betapa sungguh semangat dari 12.500 penari yang beraksi di takawa tak pernah padam yang slalu berusaha menampilkan aksi-aksi spektakuler.
Akhirnya semoga kita semua berbangga hati atas prestasi pemerintah kabupaten buton yang telah memecahkan rekor 12.500 penari kolosal di takawa. Semangat Berkarya Untuk Buton bagun dan tunjukan kepada dunia bahwa kita memiliki budaya yang luar biasa.

VOril Marpap.
22 Agustus 2013 pukul 17:29