Sabtu, 31 Maret 2018

Generasi Muda Kepulauan Buton, Rame-Rame Lawan Hoax



Berita Hoax Yang Disebar Oleh Oknum Yang Tidak Bertanggung Jawab

Catatan : Voril Marpap

Beberapa hari ini, Kota Babau Wolio momakesana, telah menjadi topic utama pebahasan terkait dengan peristiwa Jum’at sore di lingkunga kanakea jembatan gantung dan pertigaan Kota Mara. Mulai dari pemberitaan media massa cetak maupun elektronik, lokalan maupun nasional, terlebih lagi di media sosial, dan media online semua menayangkan peristiwa tersebut. Status demi status para netizen asal Kota Baubau, semua mengabarkan peristiwa Jum’at sore, entahlah kawan sayapun dibuat tidak tenang karenanya.

Semua pesan watssaap, yang masuk melalui Handphone saya, hampir seluruh kontak sahabat keluarga dan musiraha mengirimkan video dan gambar pertikaian tersebut. Yang lebih membuat resah lagi kawan, tiba-tiba disosial media beredar beberapa photo korban atas kejadian Jumat sore, yakni foto seorang wanita dan seorang pria yang terkena busur, beruntung segera pihak kepolisian melaui humas Polres Baubau segera meluruskan pemberitaan tersebut dan mengatakan bahwa foto foto koban tersebut adalah adalah berita Hoax.

Kitapun menyadari bahwa banyak juga diantara para pemuda yang suka menyuarakan perdamaian begitu pula sebaliknya tidak sedikit anak muda yang juga menyuarakan ujaran kebencian. Inilah fenomena yang terjadi saat ini, kita selaku generasi muda yang cerdas dan kreatif harus pandai pandai memilah milih informasi mana  yang akan disebar di sosial media, dan kemudian harus mapu menjauhkan diri dari segala bibit bibit kebencian, yang mana bibit kebencian itu adalah merasa salah satu pihak yang paling benar dan pihak yang lain di anggap salah.

Oleh karena itu, melalui catatan sederhana ini, saya secara pribadi mengajak anda semua sahabatku yang budiman bahwasanya, mari kita bersama sama memerangi info hoax ini dengan Beberapa langkah sederhana yang akan membantu kita dalam membaca, mengidentifikasi, dan menshare mana berita Hoax dan mana berita Asli berikut beberapa cara yang sudah saya rangkum dibawah ini:

1. Perhatikan Judul Yang Mengundang Ketakutan

Disini kita dapat memahami bahwa, segala bentuk iformasi yang mengundang ketakutan harus segera di lawan dan langsung di hapus, dan yang paling penting adalah jangan ikut ikutan menyebar berita tesebut denga cara mengklik bagikan (share). Jangan terlalu terburu buru dan dengan  mudah menshare segala informasi yang diterima, karena bisa jadi informasi yang diterima dan disebar itu adalah informasi Hoax, jadi tanpa kita menyadari kita juga terjebak dalam penyebaran info hoax tersebut. Jadi sahabatuku yagn budiman marilah sebisa mungkin kita selalu memilah dan memilih informasi yang mana yang akan kita share kepada sahabat, wutinai, musiraha yang ada khususnya dimedia sosial facebook dan lain lain.

2. Cermati Situs Penyebar Info

Banyaknya situs-situs yang berkembang di Indonesia semakin menyulitkan kita untuk memilah dan memilih situs menyebarkan berita/informasi Hoax. Kita tetap mencermati semua situs penyebar informasi, kita tau bersama bahwa, setiap instansi pemerintah dan swasta memiliki situs resmi, dan halaman media sosial resmi, jadi sedapat mungkin kita harus mengetahui dan memastikan, bahwa informasi yang dishare atau dibagikan tersebut, berasal dari situs resmi atau status resmi dari instansi penyebar informasi. Seperti hal nya dua akun resmi Pemerintah Kota Baubau dan Polres baubau.

3. Cek Keaslian Gambar

Ada cara mudah yang dapat dilakuan untuk mengecek keaslian gambar, yakni dengan memanfaatkan mesin pencari google images, dengan cara mengaplod gambar yang dicuriai Hoax ke Google. Langkah langkahnya sangat mudah adalah sebagai berikut : 

a. Save gambar yang dicurigai HOAX kedalam Komputer atau Laptop
b. Buka situs mesin pencari Goole klik Image
c. Lalu klik telusuri gambar
d. Pilih gambar yang dicurigai Hoax yang telah di simpan tadi
e. Telusuri, Kemudian akan muncul gambar dan informasi tersebut.

4. Tetap Kontrol Diri Dengan Keimanan dan Ketakwaan Kepada Allah SWT

Pada dasarnya tanpa ada keimana dan ketakwaan kepada Allah SWT baik individu ataupun kelompok masyarakat, tetapa akan merasa resah. Idelanya masyrakat dan negara salinng bersinergi untuk melawan penyebaran Informasi Hoax. Idelanya, individu masyrakat dan negara berada dalam satu koridor utama yakni beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, agar selalu mengingat kebesaran dan keagunganNya, agar selalu meminda perlindungan dan kuasaNya, itulah sebernya yang harus diutamakan, agar hari menjadi tenang dan terhindar dari penyebaran informasi HOAX. 
(Wassalam – Voril Marpap)

Biodata
Nama Lengkap, Voril Marpap, Biasa Disapa Voril, Agama Islam, Almamat Jl. Dr. Wahiddin No 75 RT 03 RW 06 Kelurahan Wameo, Kecamatan Batupoaro Kota Baubau, Propinsi Sulawesi Tenggara, Email mvoril@yahoo.co.id,. Adalah anak Bungsu dari Tujuh bersaudara, yang sehari harinya bekrja sebagai staff teknis Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Baubau. Pria yang bersahaja ini, memiliki motto : “ Kalau Bisa Dipermudah Kenapa Dipersulit”. Hobinya bernyanyi dan memainkan sejumlah alat music. Obsesinya ingin segera mengeluarkan Album Daerah Buton Wassaalam.