Kamis, 25 Januari 2018

Pentingnya Waktu Dalam Kehidupan Islam

Catatan Jum'at Masjid Al Ikhlas KPP Pratama Bau-bau

Alhamdulillah berkat Rahmat Allah SWT kita masih diberikan kesempatan untuk hadir di masjid yang penuh berkah ini, untuk melaksanakan shalat Jum'at secara berjamaah.

Shalawat dan salam senantiasa tercurah keharibaan Baginda nabi Muhammad Saw keluarga dan para sahabatnya sebagai penerang dikegelapan malam, dan syafaatnya sangat dirindukan oleh umatnya.

Allah berfirman yang  artinya Manusia memiliki batas waktu/umur di kehidupan ini, Allah memberikan siang dan malam sesungguhnya itulah yang disebut waktu dan itulah yang di sebut kesempatan.

Ali Bin Abithalib berkata, ketika barang dicari tdk didapat hari ini maka besok akan di cari kembali, sedangkan waktu tdk dapat kembalikan lagi. Oleh karenanya kita harus menyadari bawa hidup di dunia ini hanya sebentar saja hidup diantara dua tangis ketika lahir dan ketika meninggal.

Bagiamana sesungguhnya memaknai waktu sehingga tidak terjadi bencana pada diri? Intinya adalah menyadari bahwa  waktu yang berjalan dengan cepatnya ini sehingga kita tidak terperdaya oleh waktu.

Oleh karena itu, nikmat yang memperdayai manusia itu dasarnya ada dua yakni nikmat sehat dan nikmat waktu luang, ketika tertinggal hanyalah penyesalan yang ada orang yang dilalaikan oleh waktu itu bagaikan nahkoda kehilangan kendali.

Tanyakan apa amalan ibadah kita, mulai dari shalat, dzikir, silaturahmi dll, sehingga kita tidak temksud orang yang masuk kepada neraka. Dipadang mashar ada beberapa pertanyaan yang ditanyakan yakni :
1. Umurmu di habiskan untuk apa?
2. Ilmu yang kamu gunakan sdh dimanfaatkan buat apa?
3. Hartamu digunakan untuk apa?

Irama di dunia ini sesungguhnya ada dua kuat dan lemah. Intinya adalah bagaimana aktifitas kita selalu melibatkan Allah SWT disetiap tarikan napas kehidupan.

Waulahalam bisawab.