Kamis, 27 Juli 2017

Membangun Kesalehan Pribadi Dengan Shalat

Catatan Jumat Masjid Al Ikhlas Baubau

Syukur atas kehadirat Allah SWT sebagai wujud ketaatan kita kepada Allah SWT. Shalawat dan Taslim kepada Banginda Nanbi Besar Muhammad Saw.

Shalat sebagai wujud kesalehan pribadi dan sosial

Waktu sungguh sangat berharga, olehnya itu marilah kita merenung tentang penting nya waktu ini. Berkaitan dengan itu, ternyata shalat merupakan cara untuk berdisiplin dengan waktu sebagai sarana untuk membangun hubungan baik dengan Allah SWT didalam kehidupan ini.

Dengan waktu manusia akan memahami jatidirinya, QS. Al asri, Wujud ketaatan kepada Allah SWT sebagai salah satu cara untuk membangun hubungan yang baik melalui gerakan shalat, Q.s. Al a'raf 39.

Gerakan shalat juga mampu menularkan sifat ikhlas, sikap sabar, dan rendah hati. Sebagai mana sikap sujud sebagai pertanda bahwa manusia itu sangat rendah di mata Allah SWT.

Oleh sebab itu kesalehan individual akan menghasilkan kesalehan sosial dimana dengan beribadah kepada Allah SWT, secara otomatis akan menghasilkan pribadi yang disiplin serta beramal shaleh.

Kemudian kesalehan sosial akan menghasilkan kesalehan profesional yang  diukur oleh seberapa penting kita melakukan kegiatan agama seperti Shalat, puasa, zakat, haji secara kontinyu.

Oleh sebab itu, maka dapat dikatakan bahwa agama itu akhlak agama itu sikap dan agama itu adalah perilaku. Karena hidup ini hanya sekali maka marilah kita memanfaatkan waktu yang singkat ini dengan sebaik baiknya.

Wassalam