Kamis, 18 Mei 2017

Ceramah Jum'at Masjid Raya Baubau

Judul Ceramah : 4 Cara Mempersiapkan Diri Dalam Menghadapi Bulan Suci Ramadhan.

Oleh : K.H. Abdul Rasyid Sabirin, LC, MA

Marilah kita senantiasa meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT, dengan cara melaksanakan pemerintahan Nya dan senantiasa meninggalkan semua yang dilarangan nya.

Tidak terasa kita sudah berada pada, Minggu terakhir di bulan Syaban, dimana pada bulan ini, kita sering lalai dalam mempersiapkan diri kita dalam menyambut dan menghadapi Bulan Suci Ramadhan.

Maka timbul swbuah pertanyaan, Apakah kita sudah siap menyambut bulan suci Ramadhan? maka, Jawabannya ada pada diri kita masing masing.

Sabda Rasulullah SAW “Itu bulan dimana manusia banyak melupakannya, yaitu antara Rajab dan Ramadhan. Di bulan itu segala perbuatan dan amal baik diangkat ke Tuhan semesta alam, maka aku ingin ketika amalku diangkat, aku dalam keadaan puasa”. (HR. Abu Dawud dan Nasa’i).

Oleh karena itu, 4 persiapan dalam menghadapi bulan suci Ramadhan adalah :
1. Persiapan Ruhia, dengan cara niat yang ikhlas, untuk membersihkan hati, dan Jiwa dan berusaha saling memaafkan antara satu dengan yang lain demi mengharap ampunan dr Allah SWT
2. Persiapan Fitriah (Pemikiran) dengan cara membekali diri dengan ilmu agama, seperti mengetahui keutamaan puasa, sunah sunah puasa, zakat, taraweh, kyamullaid, tata Taca berpuasa, mengikuti kajian kajian dimajelis taklim dll. Sabda Rasulullah 'barang siapa yang dikehendaki oleh kebaikan maka dia akan di dipahamkan ilmu agama"
3. Persiapan Jasmaniyah, kita diharapkan tetap produktif dan semakin meningkatkan ibadah kita, menjaga kesucian dan kebersihan, "muslim yg kuat l nih dicintai oleh Allah SWT"
4. Persiapan Maliyah (Keuangan) dalam hal ini, kita justru harus mempersiapkan sejumlah dana untuk bersedekah, infaq, membuatkan buka puasa, sesuai dengan yg dicontoh kan oleh Rasulullah SAW, pada saat bulan Ramadhan beliau semakin meningkatkan kemurahan hatinya dan kedermawanan nya.

Akhirnya mari kita sambut bulan suci Ramadhan dengan senantiasa mengucap "Marhaban Ya Ramadhan" Semoga kita termaksud orang orang yg di rahhmati oleh Allah SWT.

Waulahuallambisawab