Minggu, 07 Juni 2015

Kalimbungu Butuuni, Perpaduan Rasa Buton dan Lombok



Ilustrasi

Laporan : La Ode Firman dan Voril Marpap
Baubau GB, terik dan panasnya matahari, menyeimuti Pasar Wameo tiba-tiba, terasa sejuk dan nikmat, tak kala kesegaran es kelapa muda yang begitu enak, mampu menghilangkan dahaga crew gaung butuuni yang sedang bertandang di Kedai Kalimbungu butuuni (7/6) lalu. Dari simpang Jalan Poros Wakaa, Kelurahan Wameo, Kecamatan Batupoaro, Baubau, tepat di sebrang jalan, berdiri sebuh kedai es kelapa muda sederhana milik, bapak Muhammad Sholihin. Pemuda asal Lombok Nusa Tenggara Barat ini, melakukan inovasi dari penyajian es kelapa muda miliknya dengan menambahkan unsur bumbu khaas pada gula yang akan dicampur dengan es kelapa miliknya, "Ada bumbu khusus dari campuran gulanya, dan ini memamng murni kalimbungu butuuni saya dan istri asli orangg buton yang meraciknya langsung," tegas pria yang telah dikaruniahi satu orang anak ini.
Sholihin panggilan akrabnya mengatakan, ia  memulai usaha es kelapa muda kalimbungu butuuni miliknya, hanya dengan berbekal modal usaha RP 10.000.000, " Mulai dari gerobak ini, saya investasikan 5 juta rupiah, selebihnya untuk operasional, mulai dari bahan baku, gaji karyawan, dan perlengkapan lainya, " katanya.  Ia pun mengatakan usahanya itu, baru ia jalankan kurang lebih 2 bulan yang lalu dan hebatnya lagi omzetnya telah mencapai 6 juta hingga 7 juta rupiah perbulannya, " Alhamdulilah, sehari saya bisa memperoleh keuntungan 100 hingga 200 ribu rupiah, ya cukuplah untuk kebutuhan sehari-hari " imbuhnya.
Dalam usaha es kelapa mudanya itu, sholihin juga dibantu oleh seorang karyawan dengan memperoleh gaji sebesar 1 juta 2ratus ribu rupiah setipa bulannya, " alhamdulilah dari omzet tersebut saya mampu menggaji karyawan saya, ya harapan saya, semoga usaha ini dapat memberikan manfaat bagi saya pribadi maupun karyawan saya, " Katanya. Kemudian lebih lanjut dirinya mengatakan, bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan es kelapa kalimbungu butuuni ini, menggunakan bahan-bahan alami, " Saya tidak menggunakan pemanis buatan, ini murni dari gula merah dan santan kelapa serta susu, " katanya sambil menambahkan dirinya sangat bersyukur kepada ALlah SWT karena telah diberi keahlian dalam meracik bumbu es kelapa muda dan es es lainya, Ia pun berjanji akan memberikan inovasi inovasi terbaru jika usahanya menjadi laris manis.
Diakuinya, apa yang ia lakukan adalah bentuk belajar dari pengalaman, dengan mencoba memadukan racikan es kelapa muda, dari dua daerah Buton dan Lombok. Tanpa disadari, akhirnya ia dan istri, mampu menghasilkan rasa es kelapa muda yang khas menjadikan rasa kalimbungu butuuni  miliknya berbeda dengan es kelapa muda lainya, " saya akui, ada bumbu khusus yang saya taburkan kedalam gula merah ini, itulah yang menjadikan rasa khas pada kalimbungu butuuni ini, saya sudah mencobanya beberapa kali " ujarnya. Selain itu, salah seorang pelanggan yang juga sedang menikmati sajian khas kalimbungu butuuni pun, tak mau ketinggalan berkomentar, ia mengaku suka menikmati es kalimbungu butuuni milik Sholihin, " rasa es kalimbungu butuuni ini, sangat khas saya sangat suka sekali, " Ujar Syahrun sambil menikmati es kelapa kalimbungu butuuninya.
Akhirnya Ahmad Sholihin pun, beranjak dari tempat duduknya ia bersegera melayani pelanggan yang ingin menikmati sajian es kalimbungu butuuni miliknya, "sebentar saya layani dulu pelanggan, masalanya prisip saya pelanggan adalah raja jadi saya harus melanyani pelanggan saya" kilahnya dengan senyuman yang khas. Akhirnya Kami pun, sangat menikmati setiap tegugkan demi tegukan es kelapa muda kalimbungu butuuni yang telah lama tersaji dihadapan kami, sungguh kawan, rasa khas yang menempel di lidah ini, menjadikan kenikmatan tersendiri ala kalimbungu butuuni  perpaduan rasa yang nikmat. Oleh sebab itu, bagi anda pencinta sajian es kelapa muda, tidak ada salahnya jika anda berkunjung dilokasi ini, untuk sekedar menikmati sajian ES Kalimbungu butuuni, karena kami yakin es kalimbungu butuuuni ini, mampu memberikan sensasi rasa yang khas perpaduan dua daerah BUTON dan LOMBOK. (*)