Rabu, 15 April 2015

Eksotisme Air Jatuh Tirta Rimba, Baubau

Air Jatuh Tirta Rimba Baubau
Bagi warga metro Baubau, lokasi air Terjun Tirta rimba telah menjadi salah satu destinasi wisata faforit bagi semua kalangan. Tempat wisata yang satu ini, mampu menawarkan sejuta pesonan akan keindahannya alam yang dibalut dengan nuansa etnik khas daerah waruruma. Bagi anda yang senang terjun bebaas kedalam air tempat wisata yang terletak di Kelurahan Waruruma, Kecamatan Kokalukuna ini memiliki kolam renang yang sangat unik sebagai arena terjun bebas yang menantang. Disamping itu pula air terjun Tirta Rimba memiliki pemandangan alam yang eksotik, diarea hutan lindung Kota Baubau, dngan suhu udara yang sangat dingin dan sejuk.

Masyarakat Kota Baubau sering menyebut air terjun tirta rimba dengan sebutan air jatuh. Dalam wilayah Kota Baubau air terjun ini merupakan satu-satunya lokasi air terjun yang mampu dilalui dengan kendaraan bermotor entah itu mobil ataupun motor. Pada awalnya lokasi wisata  ini tidak dapat dilalui oleh kendaraan tetapi pemerintah Kota Baubau pada tahun 2010 telah membuka akses jalan masuk bagi kendaraan untuk menuju lokasi wisata air terjun tirta rimba sehingga sangat mudah untuk berkunjun dan berwisata di tempat ini.

Air terjun dari aliran sungai Kokalukuna ini, memiliki ketinggian sekitar 6,5 meter dengan lebar aliran sungai sepanjang kurang lebih 6 meter. Air yang mengalir dari atas melalui batu-batu besar menuju kolam yang telah dibentuk dengan ukuran sekitar 12×8 meter yang dilengkapi dengan papan tempat meluncur layaknya kolam renang. Sungguh kawan area wisata ini mampu menyuguhkan kenikmatan berwisata ala masyarat desa yang sejuk dan menyenangkan. Pada saat musim liburan tiba, bayak di kalangan warga metro suka berkunjung ke tempat ini. Sentak pun wisata terjun ini, dipadati para pengunjung yang hendak menghabiskan hari libur di tempat yang indah ini.

Dari pusat Kota Baubau lokasi wisata ini hanya memakan waktu 15 menit atau hanya sekitar 5 Km menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Lokasi wisata yang stragis dan murah meriah merupakan keunggulan tempat wisata ini betapa tidak pada saat musim liburan tiba hanya dipungut Rp 2000 rupiah saja, sedangkan pada hari hari biasa tidak dipungut biaya alias gratis. " biasanya cuman hari minggu ada petugas retribusi sedang kan hari lain tidak dipungut biaya, " terang Juliadi warga setempat yang juga mengaku senang berwisata di air jatuh tirta rimba.

Eksotisme Air Terjun Tirta Rimba Baubau
Dapat saya gambarkan kawan, cara yang paling ashik dan menantang untuk menikmati air terjun ini dengan cara lompat dari ketinggian  4 sampai 6 meter atau dengan menadakan badan dalam aliran air yang mengalir dari ketinggian karena air yang mengali tersebut tidak terlalu deras sehingga badan anda terasa bagaikan dipijat. Anda dapat duduk diantara batu-batu besar sambil menikmati keindahan alam dan menikmati jagung bakar yang dijual diarea wisata air terjun tirta rimba. Waktu terbaik mengunjungi tempat wisata ini adalah pada saat musim hujan dan jika musim panas lokasi witasa ini tidak dialiri air sungai.

voril marpap.