Minggu, 22 Maret 2015

Baubau, Dalam Pusaran Pantai Nan Indah

Pantai Nirwana
Kota Baubau yang sangat aku cintai, menawarkan sejuta pesona pantai yang mengagumkan. Mulai dari keindahan Pantai Nirwana yang telah tersohor namanya dikalangan masyarakat Kota ini, bahkan masyarakat dunia internasional pun telah membuktikan keindahannya. Disamping itu pula eksotisme Pantai Lakeba, Pantai Kokalukuna, dan Pantai Kolagana saya yakin semua objek wisata tersebut, akan mampu memanjakan pandangan mata anda sekalian pembaca yang budiman tidak lupa pula, eksotisme Pantai Kamali serta Pantai Kota Mara di semenajung Kaobula, keindahannya sungguh sangat mengagumkan

Jika anda berada di Kota Ini, saya yakin anda semua akan terpesona dengan keindahan alamya, sehingga apapun yang anda lakukan ketika berada Baubau, mampu mengukir kenangan indah didalam kehidupan anda sekalian pembaca yang budiman. Harapan saya, kedepan Kota Baubau, akan segera memisahkan diri dari Propinsi Sulawesi Tenggara, menjadi sebuah daerah otomoni baru yang Insya Allah akan diberinama Propinsi Kepulauan Buton Raya, yang pada akhrnya semakin membuat lengkap seluruh keindahan dan  beserta potensinya.

Kembali ketopik pembahasan mengenai pantai kawan, Pantai Nirwana yang telah tersohor namanya itu, memiliki butiran pasir putih yang sangat indah, dengan air laut yang terbentang luas dan membiru hingga mampu menghipnotis anda para pengunjung, untuk segera menikmati segar dan dinginnya air laut yang terbentang luas dengan hamparan pasir putih yang elok nan indah didalamnya. Itulah gambaran keindahan pantai ini kawan. Semua itu, tentunya tidak lepas dari anugerah Sang Pencipta, karena pada dasarnya Kota Baubau tercinta ini, dikelilingi oleh lautan sehingga banyak pantai yang sangat indah di Kota ini.

Disamping itu pula Pantai Lakeba,  yang berada dikawasan Kelurahan Sulaa Kecamatan Betoambari Kota Baubau, sangat indah dan menawan dipandang mata kawan. apalagi dikawasan pantai ini, Berdiri sebuah resto yang boleh dibilang bertaraf internasional disebut Resto Lakeba. Saya pikir, sangat cocok sekali dijadikan tempat untuk sekedar melepaas lelah, beristrahat dan tempat  untuk nmenggali inspirasi mengenai hal apapun didalam kehidupan ini. Pantai Lakeba juga mampu menawarkan sejuta pesona tentang keindahan alam laut dengan lambaian pohon kelapa  yang mampu memberikan kesejukan dihati anda sekalian pembaca yang budiman.

Kemudian Pantai Kokalukuna, yang berada di Kelurahan Waruruma, Kecamatan Kokalukuna Kota Baubau ini, berada persis di bawah Bukit Kolema dan Bukit Wantiro. Sama halnya dengan Pantai Nirwana dan Pantai Lakeba, Pantai Kokalukuna pun tidak kalah menarik dari pantai pantai tersebut. Hal itu dapat dilihat dari pesona alamnya dan biota bawah laut yang menakjubkan, sangat cocok untuk aktifitas diving dan snorklin. Karena pada dasarnya pantai ini menawarkan  berjuta pesona alam bawah laut yang sangat menarik dan indah.

Ada juga Pantai Kolagana, Pantai ini berada di Kelurahan Palabusa Kecamatan Bungi Kota Baubau.  Dipesisir pantai ini ada banyak kita temui beraneka ragam terumbu karang yang sangat indah sekali serta bentuk karang dan keong yang sangat menawan, saya yakin mampu membuat andabetah berlama-lama dikawasan pantai ini. Keindahan tersebut, tetunya hasil karya alam yang sangat luar biasa murni dari Allah SWT sehingga mampu membuat anda sekalian pembaca yang budiman terkagum-kagum akan keindahannya.

Pantai Kamali dan Pantai Pantai Kota Mara berada persis di tengah-tengah Kota Baubau tercinta. Di kedua lokasi ini, ada banyak aktifitas masyarakat kota  mulai dari pedagang dan masyarakt Baubau, yang ingin menikmati lambaian angin sepoy sepoy dan indahnya sunset dan sunrigt. Apresiasi yang  sangat luar biasa saya haturkan kepada Pemerintah Kota Baubau yang telah mengidentifikasi potensi ini, sekaligus mempublikasikannya, sehingga semua potensi tersebut telah mampu menjadi destinasi pariwisata di kawasan negri seribu benteng ini.

Akhirnya, saya secara pribadi mengaku bersyukur dapat menjalani hidup dan kehidupan disebuah Kota yang sayarat akan keindahan alamnya. Saya mengakui kawan, apa yang saya tulis hariini adalah bagian kecil dari ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT sehingga pada akhirnya besar harapanku agar kiranya apa yang telah menjadi harapan dan cita-cita daerahku kedepan, akan dapat terwujud dan dimudahkan oleh Allah SWT demi Kota Baubau tercinta.

Wasslm, Voril Marpap.