Kamis, 27 November 2014

Menikmati Panorama, Dari Atas Bukit Pasarwajo

Dr Puncak Bukit Pasarwajo
Sungguh mengagumkan kawan, ketika ku melangkahkan kakiku menuju Bukit Pasarwajo. Tampak dari kejauhan jalur jalan setapak kecil itu, sambil meluahkan kekaguman akan keindahan alam Buton yang menawan, kutawarkan sejuta pesona dari pandangan mata lancip ku yang menaruh simpati akan keindahan bukit pasarwajo kabupaten buton. Satu kata yang  mampu menyudutkan kekagumannku, "memang Buton menyimpan sejuta misteri keindahan alam yang sangat luar biasa".

Tak kuasa menahan rasa penasaran yang menjelma menjadi sebuah kekuatan didalam diri ini, mampu membuat apa yang kulakukan pada hari itu tampak mudah dihadapanku, tak sadar semua kesulitan berlalu tak berbekas. Betapa tidak kawan, bukit yang sejatinya cukup terjang itu sempat membuat ban motorku terpeleset, itulah tantangan awal yang musti aku jawab hingga akhirnya kakiku mampu berpijak diatas bukit yang eksotik itu.

Sesampainya dibukit itu, kekagumanku semakin menjadi takkala aku merekam segala momen yang terjadi saat itu, lebih lebih lagi segala moment yang terkait dengan indahnya panorama bukit Pasarwajo yang kulihat saat itu. Sungguh luar biasa kawan, dari atas bukit itu, terlihat Kota Pasarrwajo dari kejauhan mulai dari jajaran gunung yang rapih, pantai yang putih serta awan yang membiru dan angin sepoy sepoy yang menghembus kearahku ,bagaikan alunan nada nada yang indah menari - nari didalam gendang telingaku.

Semyuman dari Atas Bukit Pasarwajo
Inilah ekspresi kekaguman kawan, percaya atau pun tidak semua  sensasi yang aku rasakan kali ini saya yakin jika anda berada di Puncak Bukit Pasarwajo, anda akan mengatakan hal yang sama. Namun sungguh sangat disayangkan kawan, saat ini di pulau Buton sedang terjadi musim kemarau panjang yang mampu membuat hijauwnya tumbuhan di bukit Pasaarwajo sejenak berubah kering. Tetapi kekeringan itu, bukanlah musibah yang serius dan pastinya tak akan mampu mengurangi sedikitpun nilai dari keindahan alam yang aku lihat dari atas Puncak Bukit Pasarwajo.

Lagi-lagi aku kagum kawan, sungguh Buton dengan sejuta pesonannya mampu menghipnotis seluruh denyut nadi ditubuhku sehingga mengharuskan aku untuk segera menapaki jalur-jalur indah tersebut  diseluruh sudut hingga sela-sela kehidupan Pulau Buton. Sejatinya apa yang menjadi pontensi pulau Buton, sudah selayaknya dibuka dan diperkenalkan ke masyarakat dunia mulai dari hal hal yang sederhana seperti membuat tulisan, merekam segala moment yang mengagumkan demi memperkenalkan potensi keindahan yang ada kepada semua orang di dunia ini.

Ia kawan, kita harus memulainya sekarang karena Buton adalah kita, kita adalah Buton dan Buton adalah Indonesia dengan warna dan ke khasannya. Semoga kedepan Pulau Buton akan berjaya kembali selayaknya pada zaman dahulu kala yakni pada masa Kesultanan Buton di Jazirah Al Butuuniyah. Smoga tulisan ini menjadi motivasi buat generasi muda Buton untuk selalu memperkenalkan potensi daerah sebagai sarana penguat identias kita sebagai orang BUton. wasalm

Voril Marpap ^_^