Senin, 06 Oktober 2014

Hari Raya Iduhl Adha 1435 H dalam rangkaian Hikmah

@Vorilfrens.Pic
Kini aku kembali merangkai kisah, dimana ditengah kemeriahan perayaan Hari Raya Iduhl Adha 1435 saya akan memcoba memberikan beberapa uraian hikmah dari peneyembelihan hewan qurban ini. Perayaan hari raya Idul Qurban ini, menjadi begitu spesial karena pada hari ini, hampir seluruh umat muslim didunia yang diberi kemampuan materi, agar dapat melaksanakan prosesi penyembelihan hewan qurban sebagai bentuk ketakwaan terhada Allah SWT, lalu kemudian hasilnya akan dibagi-bgikankan kepada seluruh tetangga terdekat.

Dapat saya katakan bahwa, prosesi ini disamping menambah ketakwaan kita kepada Allah SWT juga merupakan bentuk sosialisasi dalam bingkai silaturahmi dengan semangat saling memberi manfaat sesama mahluk ciptaan Allah SWT. Adapun salah satu makna yang terkandung dari prosesi penyembelihan hewan Qurban  tersebut bahwasanya, kita secara pribadi akan menyembelih seluruh sifat-sifat kebinatangan yang ada didalam diri kita masing-masing. Maka dari itu pada akhirnya akan membawa kita ke arah kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

Oleh sebab itu, bagi anda sekalian pembaca yang budiman, yang alhamdulilah telah diberi limpahan materi serta kemampuan oleh Allah SWT untuk melaksanaan penyembelihan hewan qurban, maka saya secara pribadi mengucapkan, selamat berqurban kepada anda sekalian dengan harapan semoga apa yang telah menjadi keikhlasan anda semua dalam berqurban akan menjadi berkah serta akan mendapatkan pahala yang setimpal dari Allah SWT. 

Karena menurut saya pada dasarnya kita sebagai manusia biasa, yang akan dianggap paling baik oleh Allah SWT adalah manusia yang paling banyak amal perbuatanya baik itu amalan yang kecil hingga yang amalan besar sekalipun. Kemudian tanpa disadari, kekita kita mapu melaksanakan penyembelihan hewan qurban, maka hal tersebut juga merupakan kemampuan kita dalam rangka membajak ladang amal yang sangat luar biasa besar pahalanya, sesuai dengan apa yang telah disyariatkan oleh agama islam melalui risalah Nabi Muhammad SAW. 

Maka dari itu, jika saat ini kita masih diberikan rezeki yang berlimpah oleh Allah SWT, sebaiknya  rezeki tersebut disisihkan sebahagian untuk melaksanakan penyembelihan hewan qurban agar kita selalu diberi rezeki yang berkah oleh SWT. Kemudian pola kehidupan masyarakat kota yang sudah pasti memilki kesibukan masing-masing, memaksa seluruh manusia muslim didunia ini melupakan apa yang menjadi kewajiban nya sebagai umat muslim yakni menyembelih hewan qurban dengan niat lilahi ta'ala. Semoga penyembelihan hewan qurban di Hari Raya Idul Adha tahun ini akan menjadi berkah buat anda sekalian.

Maka dari itu, sabda Nabi Muhammad SAW mengatakan" Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu dia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat sholat kami " (HR. Ahmad dan Ibnu Majah). Akhirnya Semoga Allah SWT memberikan kita rezeki yang berlimpah dan berkah sebagai mana kisah nabi Ismail AS yang tulus ikhlas menyerahkan dirinya untuk disembelih atas dasar perintah Allah SWT menalui nabi Ibrahim AS.

Tentunya hal ini sangat menguji ketakwaan dari pada keduanya. Namun alhamdulilah Allah SWT maha mengetahui apa yang terbaik bagi hambanya. Maka pada saat itu pula Nabi Ismail AS digantikan oleh Allah SWT dengan seekor domba. Maka berbahagialah keduanya, atas dasar perintah Allah SWT tersebut maka keduanya semakin mencintai Allah SWT sebagai satu-satunya tuhan yang patut disembah dimuka bumi ini. Ini adalah kisah kawan yang semoga kita semua dapat memetik ilmu dari kisah ini.

Salam Hormat
Voril Marpap, 10 Dzulhijjah 1435 h