Kamis, 17 Agustus 2017

Memenuhi Panggilan Allah

Catatan Jum'at Masjid Raya Baubau

Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT serta syukur kepada Nya, sehingga sampai saat ini kita Mash dapat menjalankan kewajiban kita sebagai hamba hamba yg bertakwa.

Salawat salam kepada Baginda Muhammad Saw yang mengajarkan kita sunah sunahnya sehingga kita tau mana yang salah dan mana yang benar kemudian mengerjakan nyha.

Sejak zaman nabi Ibrahim as sesuai dengan  q.s al haj 27, nabi mengajak untuk melaksanakan ibadah haji. Demikian juga dalam hadis nabi Muhammad bahwa pondasi Islam ada Lima salah satunya adalah berhaji.

Secara bahasa haji itu adlah mengunjungi Ka'bah di Masjidil haram dalilnyha Q.s. Ali Imram 97. Haji jga merupakan syariat umat umat2 terdahulu sejak ujan nabi Adam sebagai orang pertama, kecuali nabi Luth dan nabi Saleh.

Rukun Islam yang lima Sangat jelas menygujruh kita untuk menunaikan ibadah haji bila mampuh secara fisik maupun materi, makanyha itu janganlah menunda nujnda jika telah mampuh segera me laksanakan ibadah haji.

Barang siapa yg yg telah memiliki kemampuan melaksanakan ibadah haji, dikhawatirkan sengaja menunda nunda maka akan meninggalkan  dunia ini sebagai Yahudi ataupun Nasrani.

Dasarnya haji ada dua haji yang diterima dan haji yang ditolak. Haji yang diterima senantiasa baik didalam kehidupannyha sedangkan haji yang ditolak kehidupan nyha penuh dengan maksikat.

Jenis dari haji yang sangat drihapkan yakni haji yang mabrur dan haji yang makbul, menurut ulama haji yang makbul artinya sudah memenuhi rukun Islam yang lima sedangkan haji yang mambrur yakni haji yang mempu mengantarkan ke kehidupan anggota lebih baik dari sebelumnya.

Allah SWT senantiasa memberikan keistimewaan bgi mereka yang melakukan ibadah hajinya dengan tulus dan ikhlas Akan mampuh menghapuskan dosa dosa yang telah.

Yang menunaikan haji juga sama saja berjihad di jalan Allah SWT, kemudian yang melaksanakan ibadah haji jga merupakan tamu tamu Allah SWT yang mulia dan agung. Orang orang yang menunaikan ibadah haji umrah doa nya mebjadi maul atau terkabul kan.

Mudah mudahan kita yang belum berhaji, ditahun tahun berikutnya dapat melaksanakan ibadah jadi seperti saudara saudara kita yang saat ini sementara menjalankan ibadah haji ke tanah suci.

Wasalam.