Kamis, 10 Agustus 2017

4 Ciri Haji Yang Mabrur

Catatan Jum'at Masjid Pelabuhan Murhum Baubau.

Alhamdulillah atas berkat Rahmat Allah SWT kita kasih dapat bersama-sama hadir di masjid yang penuh berkah ini dengan harapan menjadi insan yang selalu beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Serta bershalawat kepada Baginda nabi besar Muhammad Saw selalu kita kirimkan beserta keluarga dan sahabat dan pengikutnya dari dahulu hingga sekarang hingga dimasa yg akan datangnya.

Ibadah suci Haji itu merupakan tujuan dan cita-cita seluruh umat Islam apapun profesinya baik di kota maupun di desa. Mengapa demikian karena dengan berhaji mampu menyempurnakan agama ini sessauai dengan rukunnya.

Melaksanakan ibadah haji ini merupakan dengan panggilan nabi Ibrahim sesuai dengan ayat Alqur'an surat Al haj ayat 27. Sebagian ulama mengatakan nabi Ibrahim memanggil dari atas ka'bah untuk segera berhaji.

Untuk melaksanakan ibadah haji ada tiga point penting 1. Kemauan, 2. Kemampuan, dan 3. Kesempatan. Ketika kita menghadiri walimatuh syafaat kita senantiasa mendoakan agar dapat menjadi haji yang mabrur.

Ciri ciri haji mabrur didalam hadis ada dua yg bersifat pribadi dan ada dua yang bersifat sosial. Adapun yang bersifat pribadi yakni 1. Shalat 5 waktu tak putus putus, 2. Melaksanakan Puasa Fardu dan Sunnah. Kemusian Yang bersifat sosial 1. Akhlak nya baik dan santun dalam bertutur sapa 2. Dermawan dengan harta dan ilmu.

Wassalam.