Kamis, 02 Maret 2017

Rangkuman Ceramah Jum'at Masjid Kampeonaho Kecamatan Bungi

Suasana Di Masjid Kelurahan Kampeonaho
Kecamatan Bungi Kota Baubau

Syukur kepada Allah SWT atas segala limpahan Rahmat dan karunia-Nya sehingga pada kesempatan ini, masih dapat hadir dalam rangka melaksanakan tugas dan kewajiban kita, Shalat Jum'at secara berjamaah.

Shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada nabi besar Muhammad SAW, para sahabat serta keluaga beliau, sebagai suritauladan bagi kita semua di dalam menjalani hidup sesuai dengan tuntutan alqur'an dan Sunnah hingga yaumil akhir.

Adapun judul khutbah pada Jumat kali ini adalah : Anak shaleh asset orang tua

Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam pernah bersabda yang artinya :
Apabila Manusia meninggal Dunia maka terputuslah amalnya kecuali tiga hal, yaitu
1. Shadaqah jariyah, 
2. Ilmu yang bermanfaat, atau 
3. Anak shaleh yang mendoakannya”. (HR. Muslim).

Fitrah manusia sejak lahir adalah suci, namun orang tuanya lah yang  akan membentuk jati diri anak tersebut apakah akan di Didik menjadi anak yang berakhlak mulia ataukah tidak.

Dalam hal ini, mendidik anak agar menjadi shaleh shaleha itu tidaklah mudah, dibutuhkan suritauladan (contoh) yang baik dari orang tuanya sendiri. Disamping itu pula sebagai orang tua yang baik seyogyanya selalu berdoa kepada Allah SWT agar diberikan keturunan yang shaleh shaleha. Serta berusaha menciptakan kondisi yang religius dilingkungan.

Rasulullah bersabda '
Nikahilah wanita yang penyayang dan subur karena aku berbangga dengan banyaknya ummatku pada hari kiamat.” (HR. Abu Dawud. Hadits senada diriwayatka oleh An Nasa’i dan Ahmad)

Memiliki anak yang baik dalam bersikap, cerdas, dan patuh adalah impian siapa saja. Oleh karena itu, memilki anak dengan kriteria yang Soleh Soleha sepenuhnya di bebankan kepada orang tua sedini mungkin. Selalu berusaha meyakinkan sepenuhnya bahwa kehidupan ini harus berlandaskan alqur'an dan Sunnah nabi.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran  surat Anbiya ayat 66 yang artinya " Ibrahim berkata : maka mengapakah kamu menyembah selain Allah, yang tidak dapat memberi manfaat, sidikit pun dan tidak pula memberikan mudarat kepada dirimu"

Oleh karena itu, hal hal yang seharusnya di lakukan oleh orang tua dalam mendidik anak agar menjadi Soleh Solehah adalah sebagai berikut :

Membangun opini orang tua untuk melahirkan generasi yang shaleh shaleha berlandaskan alqur'an dan Sunnah.

Menciptakan kondisi/lingkungan yang sehat untuk membentuk generasi yang shaleh Soleha Baik di lingkungan keluarga maupun lingkungan pendidikan.

Wassalam