Jumat, 05 Februari 2016

Rempah Rempah Maluku




Evry dan Alif
SEMASA mudanya karier ayahanda Rusly ( La Ali ) sebagai seorang pelaut boleh dibing gemilang, kariernya dimuai dari bawah, yakni sebagai koki di kapal boti milik Kakek La Tanda. Hingga akhirnya ayahanda Rusly berhasil menjadi Juragan Kapal yang sangat hebat dan sangat disegani.
Keahlian sebagai seorang koki merupakan bawaan dari sang kakek. Karena pada dasarnya seorang pelaut itu, harus mampu menjadi panutan bagu anak buahnya. Maka dari itu, seorang juragan itu sebaiknya melalui proses dari dasar yakni sebagai seorang koki.
Jadi setelah menikah dengan Ibunda Rusly sebenarnya Ayahnya masih sebagai juragan, namun setelah insiden perkelahian di Surabaya membuatnya harus mengalah dengan keadaan.
Ia pun mengatakan Setelah ayah dan ibu nya menikah, mereka lalu menuju pulau jawa sambil membawa rempah-rempah dari tanah Maluku, pada saat itu, ibunya sempat diganggu,  sehingga memicu pertengkaran antara orang Buton dan orang Makassar.
Yang dibawa dari tanah Maluku bukan hanya rempah-rempah melaikan juga hasil laut seprti teripang, lola, japing dll. Salama 4 tahun ayah La Ali bekerja tanpa mengenal lelah membiayai kehidupan keluarga tercinta.
Karena mengingat Maluku adalah penghasil rempah-rempah dan hasil laut yang melimpah, maka seorang pengusaha asal Surabaya mempercayakan modal usaha kepada ayahanda tercinta.
Adapun jumlah modal kerja yang dipercayakan dan dikelolah adalah sejumlah Rp 50.000.000. Jumlah nya memang terbilang banyak, namun itulah kepercayaan, sekali dipercaya sebaiknya harus dijaga dengan baik.
Saparua merupakan salah satu daerah  yang memiliki potensi rempah-rempah yang sangat melimpah. Sebagian besar rempah-rempah yang disuplay dari tanah Maluku merupakan rempah-rempah dari negeri Saparua.
Bayaknya potensi rempah-rempah, membuat tanah Maluku terkenal sebagai pulau penghasil rempah-rempahh terbaik di Nusantara. Lagi-lagi semua pontensi yang dimiliki itu, menjadikan Nusantara terkenal hingga seantero dunia.
Hal tersebut yang membuat Negara Belanda terus menjajah bangsa Indonesia dan ingin menguasai rempah rempah yang tersebar luas di seantero jagad raya nusantara. Sayapun (penulis) sangat kagum dengan potensi tersebut, semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kesejahteraan rakya Indonesia. Semua orang diduniapun tau, rempah rempah Maluku memiliki kualitas yang sangat luar biasa, ditambah lagi jalur akses tranportasi laut yang  memadai membuat tanah Maluku mampu menjadi sasaran empuk pencaharian rempah rempah berkualitas prima, sungguh sangat mengagumkan.