Kamis, 10 Oktober 2013

Ikut Audisi Indonesian Idol 2014 di Kota Jakarta.. Mungkinkah…?

(Tulisan ini, telah di ikutsertakan dalam lomba menulis Tema & Bentuk Bebas, Berkarakter oleh Penerbit DIVa Press 2013)
 
Bismillahirahmanirahim
Asslamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh

Perkenalkan, nama saya Voril Marpap, yang tinggal di kawasan Indonesia bagian tengah tepatnya di Kota Baubau, Buton Propinsi Sulawesi Tenggara. Ya.. namanya juga di daerah, tetap saja, semua itu sangatlah mustahil untuk di raih apalagi cita-citaku ingin menjadi seorang penyanyi professional, rasanya tidak akan mungkin dapat di raih, yang ada hanyalah impian yang membumbung tinggi yang tak berkesampaian.

Di dalam doaku, selalu  ku panjatkan. “Ya Allah bimbinglah hambamu ini, untuk menjadi penyanyi professional seperti yang ku inginkan selama ini…”, sepenggal doa itulah yang slau ku panjatkan ketika selesai melaksanakan shalat fardu. Rasa-rasanya ingin ku raih impian itu, namun lagi-lagi sangatlah mustahil, karena ketidak mampuan dan ketidak berdayaanku sebagai anak daerah.

Suatu waktu, di dalam ku termenung, terbisik di dalam hatiku ingin ikut dalam salah satu kopetisi pencarian bakat penyanyi, di RCTI Indonesian Idol. Ku persiapkan semuanya mulai dari kostum, beberapa lagu dan tidak pula ketinggalan gitar sebagai alat music favoritku. Mulai dari situlah aku berniat untuk turut ambil bagian dalam kompetisi tingkat nasional tersebut.

Aku liat di website resminya, di Kota Baubau Buton, Sulawesi Tenggara tidak di adakan audisi, bahkan tahun ini (2013) di Kota Makasar juga di buka audisi tapi aku terlambat informasinya, jadi terpaksa aku akan ke Ibukota Jakarta untuk mengikuti audisi disana. Besar harapanku untuk dapat menjadi penyanyi professional melalui ajang Indonesian Idol.

Jakarta kawan Iya Jakarta, tempat dimana, ratusan juta  orang menggantungkan nasipnya untuk dapat menaklukan Ibu Kota Negara Itu. Aku yang hanya seorang anak daerah, ingin bercita-cita menjadi seorang penyanyi tidaklah salah, karena setiap orang memiliki cita-cita termaksud aku, menjadi penyanyi adalah impianku sejak kecil semoga Allah SWT memeluk mimpi-mimpi itu.

Harus aku akui kawan, semua itu tidak lah semudah membalikkan telapak tangan. Tapi aku harus optimis dengan harapan ku itu, Ku buka kembali website resminya pendaftaran Indonesian idol, lalu tanpa canggung aku turut mendaftar kan diri sebagai salah satu anak daerah yang ingin mengadu nasip menjadi penyanyi professional melalui jalur pencarian bakat.


Sudah aku putuskan kawan, akhirnya aku telah menjadaftar online dengan mengisi data diri dan lokasi audisi di Kota Jakarta. Alhamdulilah pendaftaranku pun berhasil aku langasung mendapatkan nomor registrasi 165325 . Pencapaian cita-citakupun akhirnya di mulai. Aku telah menjadi salah satu perserta audisi Indonesian idol lokasi audisi Jakarta.

Setelah pendaftaran itu, aku kembali berpikir karena aku belum pernah sama sekali ke Kota Jakarta, Lama aku memikirkannya sungguh kawan mungkin ini adalah jawabannya betapa ke inginananku menjadi seorang penyanyi mulai terjawab melalui kawan ku yang bernama Tiasa Sarasati, S.P.A yang tinggal di Jakarta.

Katanya, ke Jakarta aja Voril, nanti aku antar ke  lokasi audisinya. Alhamdulilah setelah mendengar perkataan dari kawan ku itu akhirnya keinginanku untuk kejakarta pun kembali besar. Aku hanya bisa berharap kemudahan dariNya semoga apa yang aku cita-citakan ini dapat menjadi kenyataan. 

Walaupun demikian tidak ubahnya bagai kapas yang berterbangan, karena jiwaku yang lemah.
Tetap saja kawan ketika aku bayangkan semuanya, semangatku kembali membara karena, hal tersebut adalah salah satu cara untuk dapat meraih cita-citaku yakni mengikutkan serta diriku dalam ajang pencarian bakat tersebut Indonesian Idol, ia kawan akhirnya aku sepakat dengan diriku, melalui bantuan kawanku di Jakarta, akan aku gantungkan cita-citaku menjadi seorang penyanyi professional.

Lagi-lagi kawan rasa takut mulai merajalela di dalam  pikiranku, takut di hipnotislah, takut lupa lah, taku kecoopetan lah, dan lain sebagainya, yang jelaskan aku tetap akan mencoba untuk meraih cita-cita itu, menjadi seorang penyanyi dengan Kota Jakarta sebagai batu loncatan atau tidak sama sekali.

Karena jujur kawan aku tidak akan menyia-nyiakan peluang ini, setelah aku terlambat ikut audisi di Kota Makassar, aku pun tidak ingin kehilangann kesempatan lagi di Kota Jakarta. Walaupun sulit kawan, taetapi harus aku raih karena aku yakin siapa yang bersungguh-sunggu pasti akan dapat.
Harapanku, melalui ajang pencaharian bakat Indonesian idol itu aku dapat menjadi seorang penyanyi professional sesuai dengan cita-citaku. Sekali lagi saat ini aku hanya bisa memohon dan berdoa kepada Allah SWT agar di mudahkan semua urusanku menuju cita-citaku itu. Amin.. Ya Rabbal Alamin.

Walaupun demikian adanya aku pastikan, smuanya akan baik-baik saja seperti apa yang aku sudah rencanakan, aku akan Ke Kota Jakarta melalui jalur laut, dengan menggunakan kapal Pelni tujuna pelabuhan Tanjung Priok Kota Jakarta. Itulah sebagaian dari cita-citaku yang ingin aku tuangkan di dalam tulisan ini.

Semoga Allah SWT meridhoinya…
Salam Hormat,….

Kota Baubau Buton, Sulaswesi Tenggara 10 Oktober 2013