Kamis, 17 Oktober 2013

3 M Dari Saya, Untuk Dukung PLN Bersih!!!

3 M,Dari Saya Untuk PLN Bersih
(Tulisan ini di ikut sertakan dalam lomba blog PLN Bersih http://akudanpln.blogdetik.com/)

Perusahaan Listrik Negara atau di singkat PLN, dalam memperingati Hari Listrik Nasional terlihat terus berbenah diri, dengan peluncuran program PLN Bersih Anti Korupsi. Adapun tujuan program tersebut, tidak lain dan tidak bukan untuk berbenah diri menjadi lebih baik dari sebelumnya. Menurutku semua yang telah di lakukan PLN dalam rangka berbenah diri, akan terlihat lebih elegan pada Peringatan Hari Listrik Nasional kedepan, Ketika semuanya menjadi nyata tanpa rekayara, artinya betapa sungguh PLN telah mampu membersihkan diri dari praktek KKN (Korupsi Kolusi & Nepotisme) itulah impian besar PLN.

Apa...PLN akan Berbenah diri..? Ada apa dengan PLN, Apakah salah satu BUMN terbesar di negri ini akan berbenah, demi membersihkan diri dari praktek KKN?  tentunya yang perlu di garis bawahi disini, adalah semata-mata PLN berusaha mewujudkan impian besarnya. Oleh sebab itu, tanggapan saya adalah, sungguh semuanya tidak semudah membalikan telapak tangan kawan, butuh waktu dan proses untuk dapat meraih pada titik itu. Oleh karenanya di butuhkan kesungguhan dan totalitas yang nyata dalam menyikapinya.

Maka berdasarkan pengantar diatas, dapat saya katakan bahwa PLN semaksimal mungkin, harus berusaha wewujudkan impian besarnya itu, yang pastinya harus sesuai dengan harapan dan cita-cita yang telah dirumuskan sebelumnya, yakni berusaha dengan semaksimal mungkin dalam Mewujudkan PLN yang Bersih dari KKN sesuai dengan impian besar yang saya sebutkan tadi.

Kita sebagai masyarakat secara sadar dituntut harus memberi kontribusi positif  dalam bentuk apapun di bidang kita masing-masing, demi membantu mewujudkan impian bersar PLN, yang mana saya sebagai seorang bloger berusaha memberikan apresiasi dan dukungan positif itu dalam bentuk tulisan di blog ini. dengan harapan akan menambah nilai positif demi pencapaian harapan dan cita-citaPLN.

Bukannya saya sok tau, atau ingin menggurui PLN, melainkan hal ini adalah bagian dari dukungan saya pribadi pada program PLN bersih. tentunya dengan berusaha memberikan kontribusi positif dalam bentuk alternatif pemikiran yang seyogyanya mampu diapresiasi oleh pihak PLN. karena tulisan ini murni dari diri pribadi penulis, dimana atas dasar menghargai hasil karya orang lain, tulisan ini saya buat dengan hati dan kesungguhan yang tinggi sebagai bentuk dukungan sekaligus apresiasi masukan kepada pihak PLN pada Peringatan Hari Listrik Nasional.

Menurut saya, ada beberapa faktor yang memiliki pengaruh signifikan terhadap berhasilnya PLN dalam berbenah diri, dalam hal ini, bagaimana pihak PLN menilai diri dan lingkungannya, serta bagaimana menyikapi penilayan tersebut demi mewujudkan impian besar yang telah di cita-citakan sebelumnya, yakni mampu mewujudkan PLN yang bersih dari KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme).

Oleh karenanya, dalam rangka mendukung program PLN bersih, sebagai sumbangsi buah pemikiran, maka dengan ini saya menyebutnya dengan stilah 3 M yakni "M Pertama" = Mampu Mendeteksi Kelemahan secara internal, "M Kedua" Mampu Membangun Motivasi Diri, "M Ketiga"Mampu Menjadi Sahabat Masyarakat.

1. Mampu Mendeteksi Kelemahan

Ada banyak yang menjadi alasan, betapa segala impian yang di inginkan akan menjadi isapan jempol belaka, ketika impian itu tidak dapat di wujudkan di dalam kehidupan ini. Impian PLN untuk bersih dari KKN adalah salah satunya. Jika secara universal PLN mampu mendeteksi kelemahan- kelemahan yang ada secara internal dan kemudian berusaha mencari solusinya, maka secara otomatis, dapat saya katakan bahwa mendeteksi kelemahan akan menjadi tolak ukur sehingga PLN akan bangkit sehingga dapat meminimalisir kemalahan tersebut yang kemudian merubahnya menjadi kekuatan hingga akhirnya impian tersebut dapat terwujud.

Artinya bahwa, dengan mendeteksi kelemahan, PLN akan Mengetahui apa saja yang seharusnya di lakukan untuk dapat mewujudkan impian tersebut dan tentunya harus di topang dengan keyakinan yang kuat sehingga akhhirnya PLN akan mampu mewujudkan impian besarnyanya,  Sekali lagi mendeteksi kelemahan adalah point yang utama yang harus di lakukan karena akan menjadi pondasi di dalam proses berbenah diri ini, harus disesuaikan dengan tujuan awal demi kemakmuran bangsa.
Impian Besar PLN, Mewujudkan PLN yang Bersih Bebas Dari KKN
Mendeteksi kelemahan mulai dari diri sendiri secara internal, kemudian menganalisisnya. Sejauh mana kelemahan tersebut akan menjadi penghalang tercapainya tujuan yang di cita-citakan sebelumnya. Kemudian kita juga harus menilai apakah lingkungan sekitar (eksternal) memiliki kaitan bahkan memiliki urgensi tersendiri terhadap kebehasilan pencapaian tujuan tersebut. Singkatnya Dalam hal ini, ditutut kesungguhan yang nyata dari pihak PLN untuk dapat mewujudkan impian besar tersebut melalui pendeteksian kelemahan, dengan pertanyaan dasar mengapa PLN tidak mampu bersih dari Praktek KKN.

2. Mampu Membangun Motivasi Diri

Memotivasi diri untuk memuwudkan impian tidak kalah pentingnya dari mendeteksi kelemahan secara internal maupun secara ekternal, menurut saya hal tersebut saling menopang satu sama lain. Mengapa saya katakan demikian ? pentingnya memotivasi diri ini, dapat di pahami dengan tindakan nyata untuk segera menyikapi apa yang menjadi impian besar kita dimana pada bagian ini, kita di tuntut  harus mampu mendorong secara totalitas untuk segera bertindak demi mewujudkan impian besar kita, itulah bagian dari membangun motivasi diri yang saya maksud.

Dalam hal ini, untuk memudahkan kita memotivasi diri, kita juga dapat membuat beberapa pertnyaan sederhana lalu berusaha menjawabnya sendiri  misalnya : timbuk pertanyaan, sampai kapankan motvasi diri saya lakukan? lalu jawabannya adalah sampai impian saya tecapai, Kemudian sudah cukupkah motivasi diri untuk di lakukan? jawabannya adalah ya buktinya adalah saya sudah bertindak, kemudian Apakah motivasi diri saya cukup untuk mengantarkan sukses? jawabannya adalah tidak akan berkecupukan, hingga akhirnya impian tersebut dapat di wujudkan dan lain sebagainya.

Kemudian yang harus di ingat dalam memotivasi diri adalah selalu berbuat sesuai dengan kemampuan yang ada, artinya bahwa segala sesuatu yang di lakukan walaupun berkaitan dengan membangun motivasi diri secara internal dan ekternal, sedapat mungkin di lakukan sesuai dengan kemampuan pribadi di dalam diri PLN. Karena pada prinsipnya jika berbuat di luar kemampuan yang akan secara otomatis akan melukai ruh dari membangun motivasi itu sendiri.

3. Mampu Menjadi Sahabat Masyarakat

PLN sebagai perusahaan yang besar, berdiri secara monopoli yang mengelola ketenagalistrikan secara nasional, harus mampu menjadi sahabat yang baik bagi masyarakat. Karena pada dasarnya, persahabatan akan mampu mengatasi berbagai masalah dari segi manapun. Artinya bahwa, dengan PLN mampu menjadi sahabat bagi masyarakat, kepercayaan dan dukungan secara menyeluruh pasti akan diperoleh dengan mudah, karena didasari oleh kesepahaman bahwa PLN dan Masyarakat adalah Sahabat seideologis.

Ini berarti, langkah untuk mencapai tujuan awal otomatis akan terbuka lebar, esensinya adalah sahabat merupakan parter yang baik untuk berkomunikasi, berdiskusi ataupun shering. Dalam hal ini perlu di sadari bahwa jika PLN bersahabat dengan masyarakat bukan bertarti mengikuti semua kehendak masyrakat, melainkan mengutamakan pendekatan persuasif yang saling menguntungkan satu sama lain.

Dalam hal ini, demi membangun imej PLN yang bersih, disini diharapkan PLN harus mampu memperoleh simpati dan dukungan dari segenap rakyat indonesia hingga akhirnya cita-cita mulia yang slalu saya sebutkan, tidak akan menjadi merasa terabaikan oleh. Maksudnya disini secara otomatis imej yang pada awalnya terbangun bahwa PLN rentan suap itu, akan menjadi runtuh dengan sendirinya seiring dengan persahabatan yang di bangun dengan slogan sederhana "Dari rakyat untuk PLN, dan Dari PLN untuk Rakyat".

Tidak sampai di situ saja kawan, masih dari hasil olah fikirku sendiri PLN hanya akan mampu berbenah utuk mencapai impiannya apabila PLN mempunyai niat yang tulus dan sunguh-sungguh untuk segera bertindak. Karena semua itu berpulang akan berpulang kepada diri pribadi PLN itu sendiri, yakni bagaimana menilai diri dan lingkungannya agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Inilah yang menjadi pilar sebagai tolak ukur keberhasilan PLN dalam berbenah diri demi mewujudkan impianbesarnya.

Namun, jika di jelaskan secara rinci, pasti ada saja yang bertanya, apakah mungkin semua itu bisa terwujud di tubuh PLN?, mengingat imej yang telah terbangun di masyarakat dari dahulu hingga skarang adalah PLN sebagai salah satu BUMN yang rentan akan praktek suap menyuap, karena akibat ulah dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang pada akhirnya berimbas pada imej PLN yang buruk.

Olehnya itu, melalui kesempatan ini demi menghapus imej buruk itu, saya mangajak kita semua marilah kita berikan kesepatan dan kepercayaan yang penuh kepada PLN dalam bentuk dukungan positif sehingga PLN akan mampu mewujudkan cita-cita bersarnya, menuju PLN yang bersih dan bebasKKN. Sekali lagi kawan, dapat saya katakan bahwa PLN harus mampu berubah menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya, harus mampu mewujudkan PLN yang bersih dan bebas dari KKN.

Jika suatu waktu saya dimintai pendapat soal PLN akan mampu Berbenah diri atau tidak? Maka dengan tegas saya katakan bahwa PLN pasti mampu berbenah diri, Alasannya sangatlah sederhana sekali karena PLN tau apa  harus di lakukan demi mewujudkan cita-cita besarnya.

Maka dari itu, PLN dengan mengadakan "Lomba Blog PLN Bersih!!!" ini, saya secara pribadi melihat, di dalam kompetisi ini, PLN secara otomatis telah menjawab istilah 3 M yang saya jelaskan tadi yakni 1. Kompetisi ini menjawab hasil dari identifikasi kelemahan yang telah dirubah menjadi kekuatan, 2. Kompetisi ini menjawab hasil dari membangun motivasi diri dan totalitas serta 3. Kompetisi menjawab agenda persahabatan dengan mengharapkan dukungan dari segala elemen masyarakat untuk berbuat yang terbaik bagi masyrakat bangsa dan negara, secara universal.
Suported By. blogdetik.com
Akhirnya sebagai sahabat yang baik saya secara pribadi melalui blog ini mengucapakan selamat Hari Listrik Nasional ke 68 semoga harapan dan cita-cita kita PLN yang bersih dan bebas dari KKN dapat terwujud dengan selalu memohon Ridho Allah SWT. Amin ya Robbal Alamin.. 

Salam Hormat, Voril Marpap
Kota Baubau (Buton), 17 Oktober 2013