Kamis, 20 April 2017

Tuntunan Agama dan Moralitas Bangsa

Mimbar Jumat Masjid Raya Baubau

Ceramah Jum'at
Oleh H. hasidin Sadif


Alhamdullilah Segala Puji Bagi Allah Tuhan semesta Alam Atas limpahan Nikmat dan Karunia Kepada kita Semua.

Salawat serta salam kepada nabi jujung kita Muhammad SAW keluarga beliaw dan para Sabahat.

Hadirin Jamaah Jumat yang berbahagia,

Segala Peristiwa dan kasus di negri ini, ternyata tidak bisa dipahami secara sederhana, karena sesungguhnya seruan yang disampaikan selama ini tidak diamalkan dengan sebaik baiknya.

Realitas selama ini ulama institusi
keagamaan ustadz sudah tidak di anggap lagi padahal alqur'an sudah menjelaskan Yang artinya :

"Demi masa, Sesungguhnya Manusia Dalam Kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran,"

Dalam hal ini, jika kita tidak lagi mendengarkan hal tersebut, itu artinya ada kemerosotan moral yang terjadi di negri ini.

Kaum muslimin yang berbahagia

Jati diri manusia memiliki insanulkarim, ciptaan Tuhan yang terbaik. Kita semua tau bahwa manusia memiliki hati nurani yang juga terdapat hawa nafsu yang tergiur oleh kenikmatan dunia. Jika nafsu menguasai hati maka kemerosotan yang tejadi jika hati nurani yang menguasai hati maka akan berjalan di jalan yang benar sesuai tuntunan agama.

Kisah Qarun, namrud dll adalah pelajaran moralitas bagi kita yang tidak hanya di ucapkan melainkan di laksanakan dengan sebaik baknya. Jabatan dan limpahan harta bukannya jaminan untuk baik tidaknya moralitas seseorang, melainkan akhlak yang terpuji sesuai dengan tuntutan agama Islam.

Untuk itu marilah secara bersama-sama meningkatkan ketakwaan kita dan berpegang teguh pada dinullislam. Jika secara pribadi masih lemah memahami agama marilah kita denagrkan ceramah agama, mengkaji agama dll sepanjang bermanfaat buat diri kita terlebih lagi bermanfaat bagi orang lain.

Diakhir khutbah ini marilah kita merenung sudah baik kah akhlak kita, seberapa yakinkah kita tidak menurunkan moralitas negri ini? Marilah kita mulai dari diri kita sendiri, mulai dari hal yang paling kecil yakni janganlah berprasangka buruk kepada orang lain apalagi kepada sesama muslim.

Waulahualambisawaab..