Kamis, 16 Februari 2017

Waktu Dalam Kehidupan Muslim

Ceramah Jum'at 17/2/17 Masjid Raya Baubau
Lokasi : Masjid Raya Kota Baubau

Alhamdullilah segala puji syukur kehadirat Allah SWT atas nikmat Nya berupa Iman dan Islam.

Shalawat dan salam kepada junjungan Nabi Muhammad Saw yg telah mengajarkan Syariah dan Sunnah untuk kita praktekkan di kehidupan sehari-hari.

Waktu dalam kehidupan muslim
Rasulullah Saw pernah menasehati sahabat nya, yakni pergunakanlah 5 perkara sebelum 5 perkara sudah pasti kita semua telah mengetahui hal tersebut.

Pertama, "masa muda sebelum masa tua" pada masa muda, kita masih mampu bekerja untuk diri sendiri dan bahkan mampu bermanfaat bagi orang lain, entah iti dalam urusan duniawi maupun urusan religius, sembari berusaha untuk menjadi yang terbaik agar diridhai oleh Allah SWT serta tidak lupa selalu memohon ampun kepada Allah SWT q.s Al Araf 23.

Kedua "Masa sehat sebelum sakit", jika sekarang tubuh kita masih dalam sehat wal Afiat maka itu adalah nikmat yang diberikan oleh ALLAH SWT kepada kita semua, maka sebaiknya jangan digunakan nikmat itu untuk berbuat jahat dan kikir untuk taat kepada Allah SWT. Senantiasa berusaha mengumpulkan pahala sebanyak banyaknya sebagai bekal di yaumil akhir nantinya.

Ketiga, "Masa kaya sebelum miskin", jika sekarang kita memiliki harta atau jabatan yg tinggi atau gelar yg tinggi maka sebaiknya di gunakan untuk berbuat kebaikan. Bisa jadi sekarang kita memiliki banyak harta akan tetapi kemudian dimasa yg akan datang kita dimiskinkan oleh Allah SWT dengan kuasanya.

Keempat "Masa luang sebelum sibuk", andai ada waktu senggang, maka pergunakanlah waktu sengan tersebut dengan baik demi agama dan kemaslahatan umat. Sabda Rasulullah dua nikmat yang selalu dilupakan adalah nikmat sehat dan waktu luang.

Oleh karena itu, kita harus pandai pandai mengatur waktu, antara aktifitas berbau dunia dan akhirat, antara yg wajib dan yang Sunnah, serta selalu bermuasabah diri (mengevaluasi diri) dan sllu bertobat memohon ampun kepada Allah SWT.

Jangan sampai, waktu kita terbuang sia sia dan tidak bermanfaat buat diri kita terlebih lagi bagi orang lain. Kemudian yang terakhir "Hidup sebelum mati" semoga kita semua tergolong orang orang yang beruntung karena bertakwa kepada Allah SWT.

Amin....Ya... Rabbal'Aalamiin

Salam Hormat,
Voril Marpap.