Kamis, 15 September 2016

Kejar Target Perekaman KTP Elektronik Kota Baubau

Ruang KTP EL Kantor Kecamatan Wolio
Disini, masih didalam ruangan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP EL) Kantor Kecamatan Wolio Kota Baubau Propinsi Sulawesi Tenggara, kisah ku kembali terukir sebagai petugas perekaman biomentrik KTP El. Sesunguhnya karier ini telah aku jalani sejak akhir tahun 2011 yang lalu, di tengah hiruk pikuk warga metro Kota Baubau yang ingin memiliki identitas penduduk. Sulit ataupun tidak itu bukan masalah, yang penting saat ini, adalah target perekaman KTP El hingga akhir bulan ini (September 2016), dapat terlaksana dengan baik.

Mulai dari warga kota yang belum sama sekali melakukan perekaman KTP El hingga warga kota, yang baru saja berumur 17 tahun, tumpah ruah diruangan ini. Suka duka yang begitu bersahaja tergambar jelas di depan mataku. Ada warga yang ramah, marah, dan ada pula yang tetap diam bersabar menunggu hingga proses giliran perekaman selesai. Selalu berusaha tertib dan aman dalam melaksanakan pelayanan adalah bagian dari cara yang kami  agar proses perekaman KTP El dapat berjalan lancar.

Terkadang hati ini mulai marah, akibat ulah masyarakat yang tidak sabaran untuk segera di layani, namun selalu berusaha sekuat tenaga agar dapat melayani dengan baik, dan sikap yang lemah lembut demi mendapatkan kepuasan masyarakat. Karena pada prinsipnya ketika kita diberi tanggung jawab oleh seseorang, sebisa mungkin tanggung jawab itu harus di laksanakan dengan baik, karena menurut saya tanggung jawab itu sama dengan amanah. Apapun hasilnya, semuanya harus diserahkan kepada Allah SWT selaku sang pemilik kehidupan.

Kami melakukan pelayanan perekaman KTP El, selama 7 jam mulai dari pukul 8.00 hingga pukul 20.00 Wita, mulai hari senin hingga sabtu. Namanya juga usaha, semua harus dijalani dengan baik dan ikhlas karena kami yakin malaikat malaikat Allah swt akan alselalu mencatat segala aktifitas yang kita lakukan, baik ataupun buruknya, berusaha mengamalkan asmaulhasnah Ya Rokib (Allah Yang Maha Mengawasi) yakin semua akan bai baik saja.

Kami yang bertugas disini sebanyak 3 orang Pak Syamsuddin sebagai koordinator, saya sebagai operator 1 dan La ode Firman sebagai operator 2. Kami selalu berusaha sekuat tenaga untuk selalu kompak agar dapat melakukan perekaman dengan sebaik baiknya. Apapun yang kami lakukan sepenuhnya demi suksesnya program pemerintah dalam hal ini Dirjen Administrasi Kependudukan mengenai target perekaman KTP El hingga akhir bulan ini.

Akhirnya, dari bloq sederhana ini saya ingin menghimbau kepada seluruh warga metro Kota Baubau yang belum melakukan perekaman KTP el untuk segera berkunjung ke Kantor Kecamatan Wolio sebelum tanggal 1 Oktober 2016 dengan menyertakan foto copy kartu keluarga dan ijasah yang dimiliki. Kami akan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk anda semua. Salam Hormat dan Sampai ketemu di Ruangan Perekaman KTP El di Kantor Kecamatan Wolio. 

Voril Marpap