Senin, 13 Maret 2017

2017, Blanko KTP-EL Sudah Ada

Halaman Kantor Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kota Baubau

Baubau - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Baubau, Optimis Kekosongan blanko KTP El Yang terjadi selama ini, akan teratasi .

"Insya Allah pada Minggu ke tiga bulan ini, blangko KTP-EL sudah ada," Ungkap H. Sahirun, SE di ruang kerjanya, Selasa (14/3).

Kemudian dirinya menjelaskan kekosongan blanko KTP-EL yang terjadi selama ini, disebabkan terkendalanya proses tender pengadaan blako KTP-EL di Dirjen Administrasi Kependudukan Depdagri.

"  Yang terjadi sebenarnya adalah gagal lelang, karena perusahaan yang mengikuti tender tidak tidak memenuhi syarat” katanya, mengutip dari halaman News Kemendagri.

Menurutnya, Berdasarkan instruksi Mendagri, melalui dirjen Adminduk bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab/Kota se Indonesia tetap mengeluarkan Keterangan (Suket) Pengganti KTP-EL hingga stok balnko KTP-EL Stabil.

" Jadi ketika stok blangko KTP-EL Sudah stabil, kita akan secepatnya memanggil masyarakat pemegang Suket, untuk segera di gantikan dengan KTP-EL, " Ujarnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan Berdasarkan Keputusan Mentri Dalam Negri Republik Indonesia Nomor 470/295/SJ tertanggal 29/1/2016 bahwa KTP-EL yang diterbitkan sejak tahun 2011 dengan masa berlaku 5 tahun sampai 2017 tidak perlu di perpanjang.

" Sepanjang tidak ada perubahan elemen biodata seperti, alamat, status perkawinan, dll KTP-EL yang masih ada masa berlaku nya otomatis berdasarkan surat keputusan itu, sudah berlaku seumur hidup" katanya, (Voril)